EFEKTIVITAS BOS

EFEKTIVITAS BOS

BAB 1

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kebijakan pembangunan pendidikan dalam kurun waktu 2004 – 2009 meliputi peningkatan akses rakyat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas melalui peningkatan pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan pemberian akses yang lebih besar kepada kelompok masyarakat yang selama ini berkurang dapat menjangkau layanan pendidikan.
Salah satu amanat rakyat kepada penyelenggara negara kita ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya mencerdaskan kebidupan bangsa dalam tataran operasional adalah pendidikan. Pendidikan dalam kaitannya dengan manusia sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat, adalah upaya pengembangan kepribadian agar sang pribadi mampu memenuhi kebutuhan pribadi dan menyumbangkan kemampuannya untuk masyarakat (Tilaar : 2008). Untuk menyelenggarakan pendidikan pemerintah perlu menetapkan serangkaian kebijakan kebijakan pendidikan.
Ada tiga pilar kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan oleh Depdiknas, selaku pemegang otoritas pendidikan di negeri ini. Ketiga pilar itu adalah :
Perluasan dan pemerataan akses pendidikan.§
Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing.§
Tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.§

Download selengkapnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s