SUNAN GUNUNG JATI ( SYARIF HIDAYATULLAH )

 

Sunan Gunung Jati adalah putra dari Syarif Abdullah . Ibunda dari Syarif Hidayatullah adalah Nyai Rara Santang ,putri Prabu Siliwangi ( dari Nyai Subang Larang ) , adik Pangeran Walangsungsang bergelar Cakrabuwana Cakrabumi atau Mbah Kuwu Cirebon Girang. Nyai Rara Santang dan Pangeran Walangsungsang berguru kepada Syeikh Datuk Kahfi, seorang mubaling asal Bagdad bernama asli Idhafi Mahdi. Pernikahan Rara Santang putri Prabu Siliwangi dan Nyai Larang dengan Abdullah cucu Syeikh Maulana Akbar melahirkan seorang putra yang di beri nama Raden Syarif Hidayatullah .

 

Sunan Gunung Jati ( Syarif Hidayatullah ) berdakwah di Jawa . Dia kemudian menemui pamannya, Raden Walangsungsang. Dia memilih Cirebon sebagai pusat dakwah dan pemerintahannya. Kemudian daerah Cirebon menjadi kesultanan , dan dia bergelar “SUNAN GUNUNG JATI” . Anaknya yang bernama Maulana Hasanuddin berhasil mengembangkan kekuasaan dan menyebarkan agama islam di Banten sehingga menjadi cikal bakal Kesultanan Banten .

 

Setelah Cirebon resmi berdiri sebagai sebuah Kerajaan Islam yang bebas dari kekuasaan Pajajaran, Sunan Gunung Jati berusaha memengaruhi kerajaan – kerajaan yang belum menganut agama islam . Dari Cirebon, dia mengembangkan agama Islam ke daerah-daerah lain di wilayah Jawa Barat , seperti Majalengka , Kuningan , Kawali (galuh), Sunda Kelapa dan Banten. Dia meletakan dasar bagi pengembangan Islam dan perdagangan orang-orang Islam di Banten pada tahun 1527 M Sunda Kelapa berhasil ditaklukan, penyerangan ini di pimpin oleh Faletehan atau Fatahillah, panglima perang kerajaan Demak dan juga menantu Sunan Gunung Jati.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s